Just Sharing

Cara Merawat BUNGA MAWAR



Salam semuanya, postingan kali ini cara merawat bunga mawar, anak tetangga ada tugas dari sekolah  minta dicarikan cara merawat bunga mawar, barangkali sewaktu-waktu dibutuhkan saya arsipkan saja ke blog ini
berikut uraiannya

Sebenarnya merawat bunga mawar tidaklah sulit karena bunga ini tidak terlalu membutuhkan banyak perawatannya. Pada masa kurang lebih 1 bulan-2 bulan setelah penanaman bunga mawar harus disiram setiap hari, pada sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terlihat maka lakukanlah penyiraman pada daunnya.
Sekitar kurang lebih 2 bulan bunga mawar jangan terlalu sering di siram.Dan apabila bunga mawar sudah berbunga jangan lupa memangkas dahan-dahan pohon yg sudah kering bertujuan agar bunga mawar tersebut tumbuhakan lebih sering berbunga.

Tips Merawat Bunga Mawar
Sebagian besar orang menyukai bunga ini. Mawar adalah bunga yang elok tidak hanya pada rupa dia juga mempesona dan anggun dengan keharuman serta keindahan warnanya yang beraneka ragam.Bunga mawar memang banyak dijadikan sebagai hadiah ketika menyatakan perasaan sayang kepada seseorang, kebanyak juga mawar sering diberikan kepada kaum perempuan. Namun pernahkah Anda mengetahui cara merawat bunga mawar yang baik dan benar ? Cara merawat bunga mawar memang susah gampang, bermodalkan tekad merawat dan beberapa keahlian anda bisa merawat bunga anda hingga berbunga banyak.

Bahkan jika cara merawat bunga mawar anda tekuni, anda juga bisa saja menjadikan bunga mawar sebagai komoditi untuk dijual. Namun dengan syarat Anda harus meningkatkan kualitas dari bunga mawar serta dengan membuat berbagai macam warna dari bunga mawar itu sendiri. Namun sebelum melangkah kepada hal tersebut ada biknya anda lebih mendalami bagaimana cara merawat bunga mawar yang baik dan benar.

Tips dalam merawat bunga mawar :
• Jangan pernah menyiram mawar hingga menggenang pada pot bunga.
• Saat menyiram bunga, siramlah langsung pada bagian tanah. Karena daun bunga mawar sangat rentan kering jika terkena air.
• Jangan menempatkan bunga mawar pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.Usahakan gunakan peneduh jaring pada atas tempat Anda menanam bunga mawar.
• Pangkaslah daun yang sudah mulai mengering, saat memangkas gunakan gunting bunga atau gunting yang mempunyai ketajaman yang baik. Dan saat memangkas jangan gunakan teknik memotong serong.
• Cara membudidayakan atau memperbanyak tanaman mawar ini cukup banyak antara lain melalui biji, setek, okulasi, cangkokan dan membelah anakan. Namun untuk lebih praktis sebaiknya digunakan cara setek. Cara ini dianggap ampuh karena dapat membuat bunga mawar menjadi tumbuh banyak.
• Namun bisa juga dengan melakukan pembibitan. Supaya tumbuh dengan baik. Pilih biji bibit yang bagus (jika ditaruh di air maka akan tenggelam). Selanjutnya dengan melakukan penyiapan benih dengan memilih buah mawar yang produktif berbunga atau sudah unggul dan sudah matang kemudian dipetik. Siapkan lahan berupa tanah yang berhumus dan juga berpasir dengan perbandingan 1:1. Lalu masukkan biji mawar tadi kedalam tanah tersebut dan disiram dengan air bersih hingga cukup lembab. Kemudian tanamkan buah mawar kedalam tanah tersebut hingga terkubur. Biarkan buah mawar membusuk pada kondisi media yang lembab. Waktu yang diperlukan berkisar antara 2 hingga 9 bulan.
• Setelah kurun waktu pembusukan buah mawar selesai, angkat biji-biji mawar dari buah yang telah membusuk dan jangan lupa pilih biji mawar yang paling baik, yaitu jika ditaruh di air maka ia akan tenggelam. Kemudian cuci biji mawar dengan air lalu dikeringkan di tempat teduh. Semaikan biji mawar secara merata menurut barisan pada jarak antar-baris 5- 10 cm di dalam bak atau baskom. Biji akan berkecambah pada saat empat minggu setelah disemaikan.
• Pemeliharaan pembibitan dilakukan dengan menyiram tempat penyemaian secara rutin satu hingga dua kali dalam sehari. Lalu masukkan bibit mawar yang sudah cukup besar ke dalam polybag kecil yang telah diisi dengan campuran tanah, pasir, dan pupuk organik. Kemudian lakukan pemindahan bibit dengan cara memindahkan tanam bibit mawar yang telah berumur 22 bulan ke lahan berupa tanah di kebun atau tempat yang diajdikan sebagai tempat penanaman tetap atau permanen, seperti misalnya pot.
• Tahap selanjutnya yaitu dengan melakukan tahapan penanaman bunga mawar seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu dengan menggunakan tanah yang subur dan gembur serta mendapat sinar matahari agar memperkuat tanaman tersebut, baik untuk yang ditanam di kebun maupun di pot. Jangan lupa memberikan pupuk kandang atau pupuk buatan yang memang khusus disediakan untuk penanaman bunga mawar. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara disebar hingga merata dengan tanah agar terserap hingga ke akarnya.
• Untuk penanaman di kebun jangan lupa membuat bedengan dengan ukuran lebar 100-120 cm, tinggi 30 cm, jarak antar bedengan 30-40 cm, dan panjangnya tergantung keadaan lahan. Kita juga bisa membuat bentuk taman mawar sesuai dengan selera kita yang tentunya serasi dengan pekarangan sekitar agar terlihat lebih indah.

Tips Menanam Bunga Mawar
Tips menanam  bunga Mawar dalam pot, pada dasarnya menanam bunga mawar tidak begitu susah dan merepotkan, cara ataupun Tips menanam bunga mawar dalam pot serta Tips Merawat Bunga sangat bagus di lakukan mengingat mawar tergolong tanaman bersemak yang dapat merambat bila tidak di rawat.untuk menjaga bunga mawar biar tetap subur dan indah menjadi Informasi Terbaru buat anda yang menginginkan agar bunga mawar anda selalu indah di pandang.

Nah berikut di bawah ini bisa anda lihat beberapa tips menanam bunga mawar yang baik dan benar guna mendapatkan hasil yang bagus dan mendapatkan bunga mawar yang indah.
Penanaman
- Gunakanlah pot dari tanah liat, tembikar atau semen cor. Pot dari plastik tidak
berpori dan lembab sehingga akar mudah busuk dan suplai oksigen kurang.
- Perbandingan Media tanam 1:1:1/4 antara tanah, pupuk kandang dan pasir halus.
- Bungkuslah terlebih dulu media tanam agar mikroorganisme pembusuk mati dan mawar terbebas dari penyakit.
- Siapkan potongan batu bata atau batu kecil di dasar pot agar kelebihan air siraman dapat segera keluar.
- Pemotongan akar dan penggantian media tanam setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh sehat dan subur.

Bila Anda merawat Mawar Potong dengan penuh kasih sayang maka bisa berumur diatas 10 tahun dan berbunga sepanjang tahun.

Perawatan
- Berilah asam benzoat pada air agar bakteri mati dan pembusukan dapat diperlambat.
- Bila perlu tambahkan 3 tetes cairan pemutih kain per 1 liter air.
- Agar kesegarannya tahan lama, tambahkan 1 sdt gula pada 1 liter air perendam. Atau carilah nutrisi khusus bunga potong di toko bunga.
- Turunkah air pada pH ideal dengan menambahkan asam sitrat 200mg per 1 liter air agar tidak menimbulkan dehidrasi.
- Pergunakan vas dari kaca, keramik atau plastik dan hindari penggunaan vas bunga yang terbuat dari logam karena logam mengandung ethylene dan biasanya bunga sensitif terhadap kandungan tersebut.
- Agar serapan air bisa optimal, anda harus memotong pangkal batang menyerong sehingga didapatkan penampang batang lebih besar. Dengan cara ini maka batang potong lebih optimal untuk menyerap air.
- Potong daun yang anda anggap tidak perlu sehingga pemasukan makanan bisa mencukupi.

Cara Memelihara Tanaman Bunga Mawar

Mawar yang cantik merupakan tanaman semak dari jenis Rosa. Nama Rose atau mawar juga diambil dari sana. Bunga ini terdiri dai 100 species yang banyak tumbuh di daerah sejuk. Umumnya mawar memiliki duri dan tumbuh memanjat, tingginya dapat mencapai 2 – 5 meter.

Memiliki batang berduri yang berbentuk seperti pengait. Fungsinya sebagai pegangan ketika merambat atau memanjat pada tumbuhan lain. Ada juga beberapa spesies mawar mempunyai duri yang lurus dan tajam seperti jarum, tetapi ada juga durinya lunak.

Sebetulnya, Mawar bukanlah tanaman tropis. Mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Tetapi dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).

Beberapa spesies bunga mawar dapat menghasilkan buah rose hips, diantaranya seperti species Canina Roses dan Rugosa Roses. Rose hips adalah buah agregat yang dihasilkan oleh bunga, biasanya berkembang dari bunga yang memiliki banyak putik. Buah rose hips ini merupakan sumber vitamin C alami.

Jenis Mawar

Jika dilihat dari bentuk dan sifat pertumbuhannya mawar dapat dikategorikan dalam 4 kelompok. Diantaranya, mawar semak, mawar kerdil, mawar pohon dan mawar liana.

Mawar semak (Shrub Roses) biasanya ditanam sebagai pagar sedangkan Mawar Kerdil (Baby Roses) biasanya ditanam dalam pot. Sedangkan Mawar liana tumbuh secara merambat.

Jadi bunga mawar ini dapat digunakan untuk tanaman hias kebun atau taman (outdoor) juga untuk tanaman hias pot (outdoor and indoor).

Cara Menanam Mawar

Tidak ada perawatan khusus untuk menanam Bunga Mawar. Anda hanya memerlukan media tanam berupa tanah yang berhumus serta drainase yang baik. Sekedar tips, pilihlah lokasi tanam yang memiliki sinar matahari cukup dan jangan menggunakan media tanam yang terlalu gembur atau berpasir. Ini semua agar mawar tumbuh subur dan kerap berbunga.

Anda dapat memperbanyak tanaman ini dengan setek, okulasi, cangkok dan biji. Jangan lupa lakukan pemangkasan secara berperiode serta berilah pupuk perangsang bunga dengan teratur sehingga mawar rajin berbunga. Untuk pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan agar tunas segera tumbuh dan kuntum bunga baru akan bermunculan.

Sedangkan untuk menanam Mawar dalam pot, maka Anda harus memperhatikan media tanam yang digunakan. Anda dapat menggunakan perbandingan 1:1:1/4 untuk tanah, pupuk dan pasir. Agar Mawar terbebas dari penyakit, Anda dapat kukus terlebih dahulu media tanam yang hendak digunakan. Kemudian pilih pot, akan lebih baik pot berbahan tanah liat. Letakkan batu-batu kecil atau potongan batu bata di dasar pot agar air dapat meresap keluar. Rajinlah untuk memotong akar tanaman dang anti media tanam setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh subur.

Manfaat Mawar

* Sebagai tanaman hias, baik tanaman hias di taman ataupun pot.

* Sebagai Bunga potong. Contoh : kelompok mawar Holland (Rosa indica fragrans hybrids) atau mawar Hybrid Tea, kelompok mawar Floribunda, dan kelompok mawar Grandiflora.

* Sebagai Bunga tabur. Hampir semua jenis mawar dapat digunakan sebagai bunga tabur.

* Sebagai bahan baku Parfum. biasanya digunakan mawar jenis mawar teh (Tea Roses)

* Sebagai bahan baku obat. Hampir semua jenis mawar yang mengandung zat antibiotika bisa digunakan.

* Sebagai bahan makanan dan minuman.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat BUNGA MAWAR

loading...